Tips Renovasi Ruang Laundry Agar Rapid an Bersih

Desainer AJ Margulis mengatakan, “Kita banyak menghabiskan waktu di dalam ruang cuci, tetapi justru desain ruang laundry di rumah sering kita abaikan.” Ini bukanlah ungkapan yang salah. Mengingat tidak pernah ada standar tentang bagaimana ruang laundry yang seharusnya, mulai dari ukuran, bentuk, bahkan penataannya. Kadang, ruang utilitas ini malah dibuat dari ruangan tak terpakai di dalam rumah.

Desain ruang cuci dan jemur seringkali diabaikan dan berakhir menjadi sudut gelap di garasi atau gudang. Lupakan bagaimana suramnya ruangan itu dan simak bagaimana tips renovasi ruang cuci berikut ini!

Apa yang ingin anda capai?

Kenapa Anda ingin merenovasi ruang cuci Anda dan apa yang menurut Anda paling penting? Jawaban dari pertanyaan itu akan menentukan hal paling penting, yaitu bujet. Apakah Anda hanya ingin menciptakan ruangan yang fungsional atau justru ingin menciptakan tempat yang menyenangkan?

Pertimbangkan apakah Anda akan menggunakan ruang yang sudah ada atau memindahkannya ke bagian lain di rumah. Anda bisa memilih mengganti wallpaper, mengecat dinding, atau membeli perlengkapan baru yang lebih modern. Semua tergantung kebutuhan Anda.

Bagaimana Anda ingin memfungsikan ruangan?

Ruang utilitas tidak melulu berurusan dengan cucian dan mengeringkan pakaian. Banyak orang juga mengalih-fungsikan ruangan ini sebagai tempat penyimpanan sabun, peralatan bersih-bersih rumah, sampai makanan untuk binatang peliharaan.

Sementara Anda merencanakan desainnya, coba pikirkan apa saja yang akan Anda lakukan terhadap ruangan tersebut. Jika memang Anda ingin menjadikannya sebagai tempat penyimpanan, sediakan tempat terpisah untuk masing-masing keperluan. Selain memudahkan untuk menemukan apa yang Anda cari, ruang laundry juga akan terasa lebih rapi dan teratur.

Bagaimana Anda akan mencuci pakaian di dalamnya?

Sebanyak apapun aktivitas yang ingin Anda lakukan di dalam ruang laundry,  akan menentukan seberapa besar ruangan yang Anda perlukan. Apakah Anda akan mengeringkan pakaian di sana juga? Berapa kali dalam seminggu Anda akan mencuci dan seberapa banyak cucian Anda biasanya? Jika keluarga Anda memiliki banyak anggota, ada baiknya menyediakan sebuah sistem dengan memisahkan keranjang untuk masing-masing kategori pakaian atau masing-masing anggota keluarga.

Peralatan seperti apa yang Anda inginkan?

Peralatan yang Anda miliki sekarang ataupun yang ingin Anda miliki, nantinya menentukan seberapa besar ruang yang diperlukan. Misalnya, apakah Anda ingin menata semua barang-barang secara horizontal, atau menyusunnya secara vertikal untuk menghemat tempat? Menyusun barang-barang secara bertumpuk ke atas mungkin akan menghemat ruang, tapi jika Anda tidak cukup tinggi Anda mungkin akan perlu tangga tambahan.

Special Features

Apakah Anda sudah menentukan hal-hal paling mendasar dalam ruang laundry Anda? Kini saatnya untuk melihat berapa bujet yang tersedia untuk mewujudkan impian Anda itu. Anda mungkin harus memilih antara desain yang penuh gaya atau sekadar yang nyaman dan fungsional. Anda bisa menemukan beragam ide penataan hingga barang-barang pengisi ruang laundry di Arsitag.com.

Bagian counter yang bisa dilipat adalah salah satu fitur yang popular. Jika ada dana lebih, tidak ada salahnya meletakkan sebuah island di tengah ruangan untuk tempat memisahkan cucian atau melipat pakaian setelah kering. Untuk bagian countertop, pertimbangkan memilih material yang tahan lama dan tidak mudah rusak oleh deterjen dan pemutih. Misalnya Anda bisa menggunakan material dari kuarsa yang kerap dianggap tahan lama dan tahan noda.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menata ulang ruang laundry di rumah. Cukup mudah, bukan?