Kompor Tanam dan 5 Kelebihannya

Inovasi peralatan dapur memang tak ada hentinya. Mulai dari teknologi termutakhir dan pembaruan desain, kompor tanam menampilkan kesan modern dari kompor biasa yang dilengkapi dengan sederet fitur canggih untuk memudahkan kegiatan memasak di rumah.

Umumnya, hunian dengan kitchen set sudah dilengkapi dengan kompor tanam. Namun, dapur biasa juga bisa menikmati kemudahan yang disuguhkan oleh kompor tanam. Tak perlu ragu lagi, ketahui kelebihan yang bisa kamu nikmati jika dapurmu dilengkapi dengan kompor tanam.

Membuat Tampilan Dapur Tampak Rapi

Sesuai namanya, kompor tanam memerlukan instalasi dengan cara ditanam secara permanen di atas meja sehingga berbeda dibanding kompor konvensional yang mudah digerakkan. Dalam pemasangannya, diperlukan pemotongan sebagian tempat pada kitchen set sehingga yang terlihat hanya bagian tungku kompor saja, sementara bagian lain seperti pipa tersembunyi dalam area bawah kitchen set.

Melalui tampilan yang tampak menyatu tersebut, kompor tanam dapat memberikan kesan rapi dan elegan pada dapur sehingga cocok digunakan oleh kamu yang mengusung desain interior modern minimalis.

Lebih Mudah Dibersihkan

Umumnya, kompor tanam memiliki tampilan yang minim detail dengan ukuran yang relatif lebih kecil sehingga kamu tidak perlu repot saat ingin membersihkannya.

Kamu bisa melepas tungku kompor tanam terlebih dulu dan merendamnya dengan air panas selama 10 menit, lalu gunakan kuas untuk membersihkan inti tungku kompor. Jika kompor yang kamu gunakan berbahan kaca, kamu bisa menggosoknya menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi air.

Lebih Aman Saat Digunakan

Pemasangan yang permanen serta penempatan pipa yang tersembunyi di dalam kabinet membuat kompor tanam lebih aman dari jangkauan anak dan meminimalisir risiko jatuh karena tersenggol. Bahkan, jenis kompor ini umumnya dilengkapi dengan fitur pendeteksi kebocoran gas sehingga saat tabung gas mengalami kebocoran, kompor tak bisa dinyalakan.

Pemasangan yang Hemat Tempat

Tampilan minimalis yang hanya menonjolkan bagian tungku membuat kompor tanam dapat menghemat area kitchen set. Bahkan, terdapat banyak variasi kompor tanam mulai dari tungku tunggal, dua tungku hingga tiga tungku untuk disesuaikan menurut kebutuhan dan luas kitchen set dapur yang kamu gunakan.

Dilengkapi Sederet Fitur Modern

Kompor tanam juga dilengkapi dengan sederet fitur modern untuk memudahkanmu saat memasak. Fitur-fitur tersebut perlu kamu perhatikan agar dapat memilih kompor yang sesuai dengan kebutuhan memasakmu.

Pertama, fitur timer bisa diatur agar kompor tanam mati secara otomatis dan menghindari masakan yang kematangan. Kedua, terdapat fitur alarm yang berbunyi ketika masakan sudah dianggap matang. Terakhir, fitur keamanan memastikan bahwa kompor mati secara otomatis ketika sudah mencapai suhu panas tertentu.

Variasi Kompor Tanam

Sama halnya dengan kompor konvensional, pasokan energi untuk kompor tanam juga bervariasi. Pemilihan jenis bahan bakar yang tepat perlu dipertimbangkan karena akan memengaruhi biaya bahan bakar gas ataupun listrik yang dikeluarkan tiap bulannya.

Kompor Tanam Gas

Memanfaatkan gas LPG sebagai bahan bakar untuk menyalakan api saat memasak, kompor gas merupakan jenis kompor yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, penggunaan kompor tanam dengan bahan bakar gas perlu diperhatikan agar hunian aman dari potensi kebakaran.

Kompor Tanam Listrik

Ada pula kompor tanam yang memanfaatkan listrik sebagai sumber panas. Mengenai cara kerjanya, aliran listrik akan dihantarkan melalui kabel nichrome menuju gulungan besi yang terdapat pada bagian atas kompor listrik untuk hasilkan panas.

Jika dibandingkan dengan kompor gas, kompor tanam berbasis energi listrik akan lebih aman karena tidak menimbulkan percikan api yang dapat berbahaya bagi anak kecil ataupun hewan peliharaan. Meskipun demikian, kompor listrik akan menaikkan tagihan listrik setiap bulannya sehingga perlu dipertimbangkan apakah anggaran rumah tangga cukup untuk menghadirkan kompor listrik dalam hunian.

Kompor Tanam Induksi

Sama-sama memanfaatkan listrik, kompor induksi menggunakan medan elektromagnetik untuk mendistribusikan panas pada peralatan masak eperti panci ataupun wajan. Jenis kompor induksi menawarkan pengoperasian yang sangat aman karena bagian kompor tidak mengalami panas saat digunakan.

Melalui ulasan kompor tanam di atas, apakah kamu tertarik menggunakan alat masak modern yang satu ini? Diluar dari desain dan jenis bahan bakar yang digunakan, pastikan kamu memilih kompor tanam dengan sertifikasi SNI dan didukung layanan purnajual yang handal.