Inspirasi 5 Lemari Pajangan Untuk Menata Rumah Dengan Rapi dan Unik

Setiap orang pasti menginginkan hunian dengan dekorasi yang rapi dan sedap dipandang. Agar penghuni juga merasa nyaman, tak ada salahnya menghadirkan rak display atau lemari pajangan untuk menata dekorasi rumah dengan rapi.

Salah satu perabot esensial yang wajib ada di rumah, lemari pajangan mempunyai variasi desain yang bisa disesuaikan dengan dekorasi, warna dinding, serta tema interior ruangan. Selain memliki fungsi sebagai tempat menyimpan barang atau aksesoris rumah, ia juga bisa ditata sedemikian rupa, diisi dengan detail agar menjadi lebih personal.

Dengan banyaknya macam dan desain lemari pajangan, Kania kali ini bakal memberikan rekomendasi lemari pajangan yang bisa kamu jadikan referensi untuk mendekorasi rumah. Berdasarkan kebutuhan ruangan, coba cek saja rekomendasi-rekomendasi Kania di bawah ini.

  1. Lemari pajangan built-in untuk menghemat ruangan

Jika ingin memaksimalkan ruangan dalam hunian, coba hadirkan jenis built-in yang umumnya sudah diproduksi secara custom oleh jasa desain interior. Selain bisa menghemat ruangan dan menjadi ruang penyimpanan tambahan, lemari pajangan built-in akan lebih menyatu dengan desain ruangan secara keseluruhan.

Selain dapat menyesuaikan ukuran lemari pajangan dengan ruangan, teknik pembuatan custom ini dapat kamu manfaatkan untuk memvariasikan desain lemari agar lebih melengkapi interior ruangan. Kamu bebas menentukan apakah kamu akan menggunakan warna putih yang klasik, atau menggunakan material kayu untuk sentuhan modern tapi tetap elegan.

  1. Rak minimalis untuk kesan industrial

Konsep rumah industrial saat ini memang semakin marak digunakan, dan jika kamu adalah salah satu penggemar tren ini, nggak ada salahnya untuk mencoba menambahkan rak minimalis sebagai lemari pajangan di ruangan hunianmu.

Biasanya lemari pajangan jenis ini akan dibuat seminimalis mungkin, bisa terbuat dari besi ataupun kayu oak warna hitam atau cokelat. Dengan ruang yang cukup lebar, furnitur ini bisa memuat tumpukan buku, vas bunga atau aksesori rumah lainnya.

  1. Gaya rustic yang tak lekang waktu

Jika mengusung konsep rumah rustic, coba gunakan lemari pajangan dengan bentuk unik dan antik seperti inspirasi di atas. Material lemari dibiarkan tanpa lapisan cat ataupun dimodifikasi untuk memberikan kesan nostalgia tersendiri yang kental.

Pilih motif kayu dengan warna yang lembut untuk lemari pajangan rustic dan isi dengan koleksi-koleksi terbaikmu untuk menciptakan kesan privat di dalam rumah. Kesan antik yang diciptakan tak akan pernah lekang oleh waktu sehingga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin suasana rumah yang hangat.

  1. Lemari pajangan dengan ‘kabinet rahasia’

Punya banyak barang yang ingin dipajang? Tak masalah jika kamu memanfaatkan lemari pajangan dengan empat bagian yang memuat aneka penyimpanan seperti inspirasi di atas.

Selain bisa memajang banyak barang, terdapat ruang penyimpanan tertutup untuk menyimpan segala jenis barang agar rumah tidak berantakan. Tak perlu susah payah mensortir barang jika memang tidak punya banyak waktu luang, cukup masukkan dalam lemari pajangan agar tidak membuat rumah berantakan dan membahayakan penghuninya.

  1. Shabby chic yang manis

Untuk kamu penggila desain interior shabby chic, sebaiknya kamu memilih lemari pajangan yang memadukan kayu dan kaca dengan warna lembut yang feminin seperti inspirasi di atas. Dekorasi shabby chic memang identik dengan tampilan elegan dan klasik.

Perpaduan warna putih dengan kayu juga sering didapuk sebagai khas shabby chic dengan keindahan masa lampau. Cukup pajang beberapa dekorasi shabby chic seperti cangkir, piring, atau bingkai foto, lemari pajangan pun siap menambah unsur kehangatan dan kenyamanan di rumah tanpa harus mengorbankan banyak biaya.

Mengingat lemari pajangan akan berukuran besar pada umumnya, tak ada salahnya memikirkan lemari pajangan sebagai salah satu focal point ruangan. Sebagai tempat memajang berbagai dekorasi rumah serta memorabilia, pastikan kamu memilih lemari pajangan yang sudah disesuaikan dengan interior ruangan dan kebutuhan kamu.