Desain Rumah Mungil Penuh Gaya Yang Banya Kejutan

Tipe hunian mungil kian hari kian marak dan menjadi tren akhir-akhir ini, sehingga pembahasan tentang itu nampak tak ada habisnya. Hal ini menyusul semakin terbatas dan mahalnya harga lahan, terutama di daerah perkotaan. Pelaku desainer interior dan arsitektur semakin tertantang untuk mencari solusi desain yang nyaman dengan keterbatasan ruang. Tentunya untuk mengeksplorasi ide yang dapat menghadirkan fungsi rumah secara lengkap. Seperti yang telah dibuktikan secara apik oleh Aksioma Design & Construction yang berkolaborasi dengan Fiano.

Tidak hanya menampilkan kelengkapan fungsi, namun desain interior rumah mungil yang satu ini mampu tampil gaya di tengah keterbatasan ruang. Bagaimana eksekusi desainnya? Mari kita kupas mendalam dalam artikel ini!

  1. Ruang tamu multifungsi dengan konsep open-plan

Ruang tamu difungsikan juga sebagai ruang keluarga. Ada sebuah rak kayu dinding yang bisa dilipat. Saat tidak ada tamu atau tidak digunakan, rak dapat dialihfungsikan menjadi meja tamu yang menempel pada dinding. Langit-langit sengaja dibuat tidak terlalu tinggi agar kesan ruang lebih hangat “menerima”.

Warna putih dipilih untuk plafon, dinding, pintu, dan kusen jendela. Warnanya yang terang menciptakan kesan luas sekaligus memantulkan kilau cahaya matahari di pagi dan siang hari, serta sinar lampu di malam hari. Jendela yang dimensinya semodul dengan pintu, menjadi sumber pencahayaan dan area sirkulasi udara alami bagi ruang tamu. Kerai horizontal dari bilah kayu dengan warna coklat yang alami, digantung sepanjang jendela memberi privasi sekaligus menambah estetika.

Kehadiran tangga kayu vertikal ke kamar loft di atas ruang tamu sekaligus menjadi batas tersirat antara ruang tamu dengan area ruang makan dan dapur.

  1. Ruang terbuka, solusi menyiasati desain interior rumah mungil

Walau mungil, rumah yang terletak di Perumahan The Icon SimpliCity ini, menyajikan ruang yang lebih lengkap dari rumah pada umumnya. Foto ini diambil dari sudut window seat yang dilengkapi cushion untuk menambah kenyamanan saat duduk bersantai sambil membaca atau bercengkerama dengan anggota keluarga lain yang sedang ada di ruang makan dan dapur. Sebaris kitchen set minimalis dilengkapi free standing cooker 4 tungku dan range hood, microwave, waterdispenser, kulkas, beserta peralatan dapur lainnya.

Keunikannya terletak pada meja makan yang fleksibel. Meja makan bisa diperpanjang sampai ke window seat. Tingginya dibuat sama dengan window seat dan bisa difungsikan sebagai meja kerja. Sebuah pendingin ruangan diposisikan di atas kulkas. Walau hanya satu, AC ini sudah cukup memberi kesejukan untuk ruang tamu dan ruang keluarga, dapur, ruang makan, sampai kamar loft.

  1. Kamar loft di rumah mungil

Aksioma Design & Construction dan Fiano berhasil membuktikan bahwa rumah mungil tidak selamanya sempit, sederhana, atau standar. Sebaliknya, mereka berhasil menciptakan desain interior rumah mungil yang hemat ruang, namun tetap tampil gaya.

Kecerdikan memanfaatkan area tepat di bawah atap menjadikan rumah yang selesai tahun 2018 ini, memiliki  kamar loft yang nyaman. Tidak hanya satu, melainkan dua kamar loft.

  1. Desain interior rumah mungil dengan walk-in closet

Walk-in closet di sini menjadi ruang khusus untuk menyimpan pakaian, seprai, dan handuk, sekaligus ruang untuk berpakaian dan berhias. Tidak semua rumah memilikinya. Biasanya karena alasan keterbatasan ruang. Namun, rumah mungil ini memiliki walk-in closet yang cukup lengkap dengan area pergerakan yang nyaman. Di dalam walk-in closet ini juga ada tangga menuju lantai atas.

  1. Pemanfaatan area bawah tangga untuk memaksimalkan desain interior rumah mungil

Pada rumah mungil, biasanya area bawah tangga juga tidak terlalu besar. Bahkan, tidak cukup besar untuk dijadikan kamar mandi. Akan tetapi, dimensinya cukup untuk dijadikan area penyimpanan. Tangga di dalam walk in closet rumah mungil ini dilengkapi pintu kaca yang terlihat elegan. Bersama cahaya dari lampu di dalamnya memudahkan melihat benda-benda yang tertata rapi.

Area walk-in closet yang berdampingan dengan tangga menunjukkan keunikan konsep desain interior rumah mungil ini dibanding rumah lainnya. Paduan warna putih glossy dengan warna alami dari kayu parket pada lantai, anak tangga, dan tirai menampilkan suasana yang hangat, natural, bersahaja, dengan tampilan yang bersih dan terang.

Tidak berhenti di situ saja, desain multifungsi kembali diterapkan pada setiap anak tangga yang dijadikan laci penyimpanan. Rumah mungil ini benar-benar penuh inspirasi untuk memaksimalkan fungsi setiap jengkal rumahnya.

  1. Desain interior rumah mungil yang mewujudkan mimpi yang mustahil

Ternyata, rumah ini juga masih memiliki ruang untuk area olahraga. Memang, lagi-lagi pilihannya sangat cerdik. Sebuah peralatan fitness multifungsi ditempatkan di ruang yang juga multifungsi sebagai ruang jemur dan menyetrika.

  1. Desain interior rumah mungil dengan ide yang tak ada habisnya

Sebuah ruang kerja atau bisa juga dijadikan ruang belajar dilengkapi dengan sofa mungil. Lagi-lagi, walau mungil, sofa itu memiliki area penyimpanan di bawahnya.

Saat tiba waktunya tidur, meja belajar itu berubah menjadi tempat tidur. Ternyata, ada sebuah murphy bed dengan engsel terkait pada rak dan dinding pengapitnya.

Dari pintu belakang menuju taman, langsung terlihat pintu depan rumah. Ini membuktikan betapa mungilnya rumah ini sekaligus membuktikan ide cerdik tidak dibatasi dimensi ruang. Teruslah berkarya, temukan solusi inovatif yang kreatif, dan ciptakan desain unik yang bikin tamu berdecak kagum.