Agar Taman Tetap Asri di Musim Kemarau, 5 Tanaman Hijau ini Wajib Kamu Punya

Di musim kemarau, curah hujan sangat rendah, bahkan bisa jadi selama beberapa minggu tidak turun hujan sama sekali. Suhu udara pun sangat tinggi, terutama pada siang hari. Tak heran jika tanaman hijau mudah layu dan menguning, taman rumah pun terlihat gersang.

Supaya taman rumah tetap terlihat asri, pilihlah tanaman hijau yang tahan panas. Selain biasanya lebih mudah dirawat karena tidak perlu diberi air setiap saat, ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari pun tidak mudah layu. Berikut adalah beberapa tanaman hijau tahan panas yang patut kamu pertimbangkan untuk ditanam di halaman rumah.

Kaktus, si pejuang dari gurun pasir

Daya tahan kaktus terhadap panas tidak perlu diragukan lagi. Habitat asli tanaman hijau yang satu ini adalah gurun pasir yang sangat panas.

Kaktus menyimpan cadangan air pada bagian batangnya. Air tidak mudah menguap di suhu panas karena permukaan batang dari tanaman hijau berduri ini memiliki lapisan lilin.

Pada habitat aslinya, kaktus bisa tumbuh hingga 2 meter. Jika kamu memiliki taman yang luas, letakkan tanaman hijau berduri ini di sudut taman atau sekitar pagar taman.

Untuk yang lahannya terbatas, jangan bersedih dulu. Pasalnya, tanaman hijau ini ada dalam versi bonsai yang berukuran kecil. Tanamlah sejumlah kaktus pada satu pot besar untuk kesan yang unik.

Lidah mertua, daun tajam tapi kaya manfaat

Tanaman lidah mertua biasa dikenal dengan nama Sansevieria. Daya tahannya terhadap panas tergolong tinggi. Tanaman hijau ini memiliki bentuk daun yang memanjang dan lancip pada bagian ujungnya. Di sekeliling daunnya, ada warna kuning yang membuatnya terlihat cerah.

Tidak hanya ditanam di taman belakang rumah yang mendapat banyak sinar matahari, tanaman hijau ini juga cocok diletakkan di dalam rumah. Pasalnya, ia mampu menetralisir udara kotor, menyerap bau, dan dijadikan obat herbal.

Palem untuk taman yang rindang

Tanaman hijau tidak terbatas tanaman hias daun saja, pohon yang rindang pun juga bisa membuat taman asri sekaligus teduh dari sinar matahari yang terik. Salah satu pohon yang pas untuk ditanam adalah palem. Daunnya panjang dan tidak mudah rontok.

Perawatan tanaman tropis ini sangat sederhana agar tumbuh subur. Kamu hanya perlu mengairinya secara rutin. Beberapa jenis palem yang bisa dipertimbangkan sebagai tanaman hijau tahan panas adalah palem rotan, palem bambu, palem kuning, palem kipas, dan palem botol.

Lili paris yang anti kering

Tanaman hijau lili paris memiliki daun-daun yang berbentuk panjang dan meruncing pada bagian ujung. Warnanya putih dengan tepian berwarna hijau muda. Sifat lili paris ini antikering, meski ditanam di taman yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Apabila sedang sibuk dan tidak sempat menyiram, tenang saja karena tanaman hijau ini bisa menoleransinya. Lili paris cocok ditanam mengelilingi taman rumah atau dijadikan taman vertikal.

Siklok, si tanaman hijau yang minimalis

Sekilas dilihat, siklok mirip dengan tanaman nanas. Tanaman hijau ini hanya memiliki daun, dengan posisi bertumpuk menyerupai kelopak bunga.

Warna hijau daunnya dapat menciptakan kesan yang asri dan menyegarkan. Ada juga beberapa tanaman hijau siklok yang memiliki semburat warna putih pada bagian pangkal daun.

Meski tampilannya minimalis, tanaman ini mampu bertahan pada cuaca yang sangat panas dengan sedikit air. Mau ditempatkan di pot atau langsung di tanah, sama asrinya.

Demikian lima jenis tanaman hijau yang mampu membuatmu melalui musim kemarau dengan suasana asri. Perlu diingat walau tanaman hijau tersebut tahan panas, kamu tetap wajib memberinya air dalam jumlah cukup.